Statistika Dalam Ilmu Aktuaria dan Keuangan

16/12/13  10:08 | by

Dilihat dari visi Program Studi Statistika Universitas Gadjah Mada yakni menjadi Program Studi yang menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam bidang teknologi informasi, berjiwa wirausaha dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional tentunya menuntut mahasiswanya untuk bekerja lebih keras lagi dalam menjajaki ilmu ini. Didalam Prodi Statistika sendiri terdapat satu minat baru yaitu Aktuaria. Aktuaria merupakan ilmu yang berhubungan dengan dunia asuransi dan tidak terlepas dari dunia keuangan secara general. Aktuaria menggunakan Statistika terutama probabilitas yakni sebagai penganalisa guna mengolah dan menghasilkan suatu prediksi dari data data tersebut supaya ditemukan sebuah model yang tepat sebagai gambaran di kemudian hari. 

Menurut sumber yang kami peroleh dari sebuah situs sampai artikel ini dibuat, jumlah aktuaris di Indonesia masih sekitar 300 orang. Sedangkan realitanya, melihat pesatnya pertumbuhan dan jumlah kematian yang kian meningkat kita memerlukan aktuaris aktuaris handal untuk menjadi penumpu data sekaligus pengolah yang bersedia meng’cover’ data data yang ada menjadi tulisan informatif yang bisa dinikmati oleh para reader. 

Dilihat dari fungsinya, minat aktuaria merupakan pengembangan dari minat keuangan. Sebelum minat Aktuaria ini lahir ( 2011 ) , fungsi menganalisa data dari dunia keuangan seperti perbankan, asuransi, pasar modal, pasar obligasi, analis keuangan dapat masuk ke bahasan minat keuangan. Namun, seiring berjalannya waktu dan melihat kondisi Indonesia yang kian berkembang, Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) berinisiatif untuk bekerjasama dengan beberapa universitas di Indonesia seperti UGM, ITS, dan Unpad untuk mencari aktuaris-aktuaris baru. 

Meskipun beberapa orang menganggap asuransi dan dunia keuangan sebagai suatu bentuk taruhan yang berlaku selama periode kebijakan. Perusahaan asuransi berani bertaruh bahwa properti pembeli tidak akan hilang ketika pembeli membayarkan uangnya. Jelaslah bahwa pengembangan ilmu aktuaria dan keuangan dalam statistika dpat berfungsi secara sistematis disini. Dimana perlindungan finansial untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan penggantian. Dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga seperti kematian, kehilangan, sakit, yang semuanya melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis, statistika menyusun sedemikian rupa supaya probabilitas dari kejadian tersebut dapat dipermudah dengan adanya kebijakan keuangan dari ilmu aktuaria, seperti asuransi. Dengan adanya asuransi dapat menjamin perlindungan tersebut.